Agar LJK UN 2013 tidak rusak

Thursday, March 28, 20131comments

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pengisian Hati -hati LJK UN 2013 perlu lebih berhati-hati. hal ini disebabkan tidak adanya LJK  cadangan, sehingga jika sampai LJK UN 2013 rusak, maka peserta UN 2013 harus mengerjakan soal lagi (paket cadangan lain yang tersedia) dari awal. Hal ini berbeda dengan LJK UN 2012, jika rusak, peserta dapat mengganti dengan LJK yang lain.    
Ingat bahwa LJK UN 2013 sudah satu paket dengan soal UN 2013, sehingga jika salah satu rusak, tidak bisa terbaca maka peserta
harus mengerjakan soal paket yang lain dari awal, tanpa perpanjangan waktu tentunya.
bisa dibayangkan jika waktu tinggal 60 menit (50 % dari waktu yang seharusnya), kemudian LJK UN rusak, maka peserta hanya punya waktu sisa 60 menit, untuk mengerjakan dari awal.... artinya nilai tidak bisa maksimal... itu jika masih 60 menit. tetapi bagaimana jika waktu tinggal 30 menit atau lebih sedikit lagi...???  bukannya mengerjakan soal, malah-malah peserta jadi
menangis ....
karena itu berikut ini panulis sajikan tips-tips yang mungkin bisa membantu mencegah hal tersebut :
  1. Ketika menerima LJK UN 2013 dan soal UN 2013, pastikan semua soal UN 2013 dan LJK UN      2013 dalam kondisi baik.   tidak ada soal yang tidak bisa dibaca, maupun yang cetakan rusak, serta LJK bagus. jika LJK maupun soal UN 2013 ada yang rusak segera minta ganti ke pengawas.
  2. Untuk mengerjakan LJK UN 2013 gunakan alas yang rata dan keras (bisa dibeli di toko alat tulis terdekat)
  3. Ketika meraut pensil jangan terlalu runcing, dan jangan terlalu tumpul. Cukup pegang ujung pensil dengan tangan anda, jika terkena tangan anda sakit, itu artinya terlalu runcing.
  4. Ketika menghapus jawaban pada LJK, pastikan menghapus searah dan dengan arah kekiri atau kekanan, sehingga jika hapusan anda membuat kertas menjadi hitam / kotor maka hanya satu soal yang rusak  / tidak bisa terbaca komputer.  Jika anda menghapus keatas dan kebawah, maka jika terjadi kotor / rusak, maka nomor diatas atau dibawahnya akan menjadi rusak, jadi yang rusak bisa 2 atau 3 nomor sekaligus. Sedangkan untuk menghapus pada  identitas, menghapusnya dengan ke atas / kebawah.
  5. Pastikan sebelum menghapus, penghapus anda bersih, karena jika ujungnya kotor bisa mengotori LJK.
  6. Bulatkan lingkaran penuh, dengan cara membulatkan dari tengah. kalau anda pakai penggaris untuk LJK pastikan posisinya tepat pada lingkaran.
  7. Cegah jangan sampai LJK anda kotor, basah (misal terkena keringat) atau terlipat.
  8. Jika ingin membersihkan kotoran karena habis menghapus atau kotoran setelah membulatkan (bisanya yang menggunakan penggaris UN) miringkan jawaban, dan tiup perlahan. ingat jangan membersihkan LJK dengan digosok/dilap.
  9. Jangan meraut pensil di atas LJK !
  10. Hati-hati dengan tangan anda, karena kadang ketika membaca soal, kita tidak sengaja menindih LJK dengan tangan / siku.
Nah itu adalah 10 tips yang bisa anda pakai agar LJK UN  2013 anda aman dan tidak rusak. ingat jika rusak anda harus mengulangi  mengerjakan soal dari awal.... dan paket soalnya sudah berbeda lagi....
Berhati-hati adalah kunci, tetapi berhati-hati bukan berarti anda harus ketakutan dengan itu.....
Belajar dan Berdoa adalah kunci keberhasilan anda.... Semoga berhasil menakhlukkan soal UN 2013 ...
Share this article :

+ comments + 1 comments

March 30, 2013 at 1:09 AM

nice tips :)

Post a Comment

 
Copyright © 2011. EF - net - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger