Panas dan Batuk pada Bayi

Thursday, April 4, 20131comments


efnet - Di daerah beriklim tropis seperti indonesia, batuk merupakan salah satu penyakit yang banyak dijumpai di indoensia. karena itu penting bagi orang tua mewaspadai batuk yang diderita anaknya. Salah satu batuk yang banyak dihawatirkan adalah  batuk yang disebabkan oleh TBC.
Menurut dokter, prosentase bayi di Indonesia yang mengalami TBC (flek paru-paru) mencapai 80%, tetapi menurut dokter tersebut itu  adalah hal yang wajar, mengingat indonesia beriklim  tropis. Maka untuk bayi berusia dibawah 2 th, tidak perlu terlalu risau, yang perlu dilakukan adalah bagaimana membuat bayi bisa mengeluarkan dahaknya. berikut adalah tip yang bisa dipakai :

  1. Agar bayi bisa mengeluarkan dahak, maka yang harus dilakukan adalah melakukan terapi kepada anak. terapi ini bisa dilakukan dengan menjemur dibawah sinar matahari sekitar jam 07 s/d jam 08 pagi, kurang lebih 10 menit (atau menurut kondisi cuaca dan fisik bayi) usahakan  sampai kulit bayi terasa hangat.
  2. Selain dengan matahari, terapi juga bisa dilakukan dengan fisioterapis menggunakan sinar infra merah. sama halnya dengan  dijemur pada pagi hari, untuk terapi jenis ini dilakukan sampai kulit bayi terasa hangat. lakukan setiap hari sampai dahak bayi menjadi encer dan bisa keluar.
  3. Selain dengan terapi, untuk mengncerkan dahak bayi, bisa menggunakan obat ambroxol (boleh syrup, drop, maupun kapsul) dengan dosis 15 mg, 2 x sehari. 
  4. selain dengan ambroxol, jika bayi badannya panas dan batuk, bisa diberikan anti biotik (tanyakan ke dokter/bidan). 
  5. Setelah dahak bayi cair, maka kita perlu untuk mengeluarkan dahak bayi, untuk mengeluarkan dahak bayi, tengkurapkan bayi dan tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut. usahakan posisi kepala sedikit lebih rendah dari punggung, sehingga cepat keluar. akan tetapi, kita tidak boleh bingung, jika kita tidak bisa mengeluarkan dahak bayi, karena dahak bayi biasanya akan keluar melalui 3 cara, yakni batuk, pilek, dan feses bayi.
  6. Sedangkan yang perlu  diwaspadai adalah batuk yang terjadi pada anak-anak di atas 2 tahun. Jika anak anda yang usianya diatas 2 tahun, batuk tidak sembuh-sembuh, silahkan segera dibawa ke dokter anak secepatnya.
  7. Ingat bahwa tidak serta merta batuk dan panas adalah gejalan TB, karena itu perlu lebih teliti dalam menentukannya.


Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua tentang penyakit pada anak.
Share this article :

+ comments + 1 comments

December 28, 2017 at 6:21 AM

tq, artikelnya sipp, Barangkali pengunjung web ini ada yang butuh alat fisioterapi, kami www.alat-fisioterapi.com menyediakan berbagai macam alat fisioterapi infrared, infrared portable philips, infrared standing 1 lampu, infrared 3 lampu, infrared 6 lampu dan alat fisioterapi lainnya.

Post a Comment

 
Copyright © 2011. EF - net - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger